Selasa, 08 November 2011

PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT

BAB 1
PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT
 Pengrtian pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaan untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) memenuhi kebutuhan pasar , barang dan jasa , menetapkan harga, mendistribusikan, lalu dipromosikan dari proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan .
 Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran :
A . Pemasaran
Tujuan Pemasaran :
• Keuntungan
• Pangsa pasar
• Kesetiaan pelanggan
• Kesejahteraan
• Dan sebagainya yang harus dipenuhi

Kapasitas pemasaran :
• Sumber daya
• Tekhnologi
• Manajemen
Pemasaran dapat merupakan :
1. Produsen (umumnya berorientasi pada keuntungan)
2. Organisasi (belum tentu berorientasi pada keuntungan)
3. Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
B . Barang dan jasa
Definisi barang dan jasa adalah Sesuatu apapun yang ditawarkan produsen terhadap konsumen untuk memenuhi kebutuhan/keinginan konsumen .
o barang bersifat konkret , sedangkan
o jasa bersifat tidak konkret .


C . Pasar
Pasar adalah konsumen yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang dan jasa . tujuan konsumen thd pasar untuk memenuhi dan kepuasan kebutuhan nya dan keinginan nya . pasar harus diimbangi dengan daya beli , daya beli adalah dimana kemampuan pasar untuk mendapatkan barang yang diperlukan .

D.Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak dalam usaha pemenuhan kebutuhsn atau keinginan masing masing . pertukaran dapat dilakukan dengan cara barter atau transaksi .
bagan :








Lingkup pengertian pemasaran
Lingkup kegiatan pemasaran pada pengertian di atas melibatkan antara kepentingan internal (lingkup mokro perusahaan) pemasaran dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal).
 Pemasaran mikro – internal
Pemasaran mikro – internal adalah dimana pencapaian nya tertuju pada lingkup mikro perusahaan , dan didalamnya terdapat dukungan pihak internal yaitu :
o Pemodal
o Pelaksana
o Pengelola

 Pemasaran makro-eksternal
Pemasaran makro-eksternal adalah dimana pencapaian nya tertuju pada lingkup makro atau masyarakat , dan didalamnya terdapat dukungan pihak eksternal .

orientasi eksternal internal

LINGKUP MIKRO PASAR PEMILIK PELAKSANA, PENGELOLA

MAKRO MASYARAKAT



ARTI FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar
Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat
Pengertian Pemasaran
Peran manajer pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni jenjang korporet, jenjang unit bisnis strategik, dan jenjang operasional atau fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Kegiatan-kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan tentang produk diintegrasikan dengan keputusan-keputusan menyangkut harga, distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.
Konsep Inti Pemasaran:
• Kebutuhan/needs
• Keinginan/wants
• Permintaan/demands
• Produk (barang, jasa, dan gagasan)
• Nilai, biaya, dan kepuasan
• Pertukaran dan transaksi
• Hubungan dan jaringan
• Pasar, pemasar, da prospek