BAB 5 PERTEMUAN 5
Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan
Sumber Daya Konsumen
Sumber daya konsumen adalah
segala sumber daya konsumen yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan
pembelian produk maupun jasa. Sumber daya konsumen ada 3 yaitu sumber daya
ekonomi, sumber daya sementara, sumber daya kognitif.
1. Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi
atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai
sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada
sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya
manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai
modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap
sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
Kategori sumberdaya alam ini tergolong sumberdaya alam yang bisa habis dalam
jangka pendek jika digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat
laun akan dapat diganti melalui proses alamiah misalnya ; pohon-pohon di hutan,
rumput di padang rumput, deposit air tanah, udara segar dan lain-lain
Sumberdaya alam ini keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam
kerangka untuk mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah
(daerah). Disamping komponen sumberdaya alam, pada saat ini peranan sumberdaya
manusia (human resources) dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk
pembangunan ekonomi daerah (wilayah) semakin signifikan.
2. Sumber Daya Sementara
Waktu menjadi variabel yang
semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena konsumen mayoritas
semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu
yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Sumber
daya kognitif Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut
barang waktu (time goods).
• Barang yang menggunakan waktu seperti: Menonton TV,
Tidur, Bermain, dll.
• Barang pengehemat waktu, seperti : rice cooker, oven
microwave, mesin cuci, blender, dll.
3. Sumber Daya Kognitif
Kemampuan untuk secara lebih
tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi
konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan
diperolehnya schemata—skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi
lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh
cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah
semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya
sebagai konsumen. Pengetahuan konsumen terdiri dari 3 macam,yaitu :
1. Pengetahuan produk merupakan kumpulan berbagai macam
informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek,
terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan
mengenai produk.
2. Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang
toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di
dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang
sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk
di dalam toko tersebut.
3. Pengetahuan Pemakaian, suatu produk akan memberikan
manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi.
Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang
tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut
dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar
konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu
produk adalah penting bagi konsumen.
SUMBER DAYA EKONOMI
Sumber Daya Ekonomi adalah Alat yang digunakan untuk
memenuhi kebutuhan manusia,wujudnya berupa barang atau jasa.
Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam:
·
Sumber Daya Alam (SDA)
·
Sumber Daya Manusia (SDM)
·
Sumber Daya Kewirausahaan
·
Sumber Daya Modal
1. -Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang
disediakan oleh alam.
-Cara
Pemanfaatannya :
Melestarikannya dan mengelola dengan sebaik dan sebenar mungkin.
-Contoh :
angin,air,tumbuhan Dsb.
2. Sumber Daya Manusia adalah segala kegiatan manusia
baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi.
-Cara
Pemanfaatannya :
Adanya
pembagian tugas dan kesehariannya.
-Contoh :
Dokter,nelayan,petani,direktur Dsb.
3. Sumber Daya Kewirausahaan adalah Semangat, sikap, dan
perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa
menghasilkan keutungan.
Orang
yang memiliki mental kewiraushaan disebut wirausaha.
Seseorang wirausaha pasti memiliki : Keberaniaan,
kreativitas, selalu berpikiran jauh ke depan, dan bisa melihat peluang usaha
yang menguntungkan.
Contoh : Mendirikan usaha tempe, usaha baju, usaha
kerudung, usaha tahu, usaharoti, dll.
Cara Pemanfaatan :
a. Melayani dengan baik,
b. Tidak merugukan,
c. Mengurangi pengangguran, dll.
Ciri - Ciri Seorang Wirausaha :
a. Memiliki metal kuat,
b. Mampu melihat peluang bisnis,
c. Pandai memimpin perusahaan (Memiliki kecakapan
pemimpin),
d. Memiliki keterampilan (kreatif dan inovatif),
e. Mempunyai pandangan kedepan (Selali inin maju),
f. Percaya Diri, optimis, dan mandiri,
g. Pekerja keras.
4. Sumber Daya Modal adalah Sumber Daya yang dibuat oleh
manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan
produksi.
·
Contoh : Bahan baku, loyang, mixer, tanah
untuk pertanian, dll.
Berupa Uang Atau Barang.
Cara Pemanfaatan :
a. Menggunakan efisien (sesuai kebutuhan),
b. Merawat, memperbaiki, memelihara secara rutin, dll.
Sumber Daya Modal dibagi menjadi 3 yaitu :
Berdasarkan Corak Pemakaiannya ada 2 macam Yaitu :
a. Modal Tetap adalah Modal yang tahan lama dan dapat
dipakai berkali - kali untuk kegiatan produksi.
b. Modal Lancar adalah Modal yang hanya dapat dipakai untuk proses produksi selama
satu kali.
Berdasarkan Cara Pembentukannya :
a. Pembentukan Secara Sukarela (Voluntary Saving).
Misalnya : Simpanan - simpanan modal dari bank.
b. Pembentukan Secara Paksa (Force Saving). Misalnya :
Penarikan pajak dari pemerintah.
Berdasarkan
Sumbernya :
a. Modal Individu adalah Modal seseorang yang dimiliki
dari kekayaan yang memberikan pendapat bagi pemiliknya,
b. Modal Asing adalah Modal yang diperoleh dari luar
perusahaan dan bertujuan untuk mengembangkan perusahaan
Sumber
Daya Sementara
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam
memahami perilaku konsumen karena kemiskinan waktu yang semakin banyak dialami
orang Amerika. Jam yang dihabiskan di tempat kerja setiap minggu (termasuk
waktu pulang pergi, pekerjaan rumah tangga, dan pekerjaan sekolah) meningkat
dari 40,6 jam pada tahun 1973 menjadi 47,3 pada tahun 1984. Pada waktu yang
sama, rata-rata jumlah jam yang tersedia untuk waktu senggang tuun dari 26,2
jam menjadi 18,1 jam perminggu. Salah satu variabel yang paling individual dari
perilaku manusia berhubungan dengan bagaimana orang menggunakan anggaran waktu
mereka. Kebanyakan dihabiskan untuk bekerja, tidur, dan kegiatan wajib lain.
Namun, suatu bagian dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yang disebut
waktu senggang (leisure), yang mencerminkan baik keperibadian maupun preferensi
gaya hidup.
A. Barang yang
Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala
mengkonsumsinya.
Contoh:
I. Menonton TV,
II. Memancing,
III. Golf,
IV. (waktu Senggang) Tidur,
V. Perawatan pribadi, pulang pergi
(waktu wajib)
B. Barang
Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen
meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh:
I. oven
microwave,
II. pemotong
rumput,
III.
fast food.
Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk
secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam
representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya
dan diperolehnya schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi
lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh
cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.
Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme :
· Sumber
Daya Konsumen Perhatian
· Sumber
Daya Kognitif – Perhatian
Sumberdaya Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang
tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi
Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention).
Perhatian terdiri dari dua dimensi :
· Arahan
(direction) menggambarkan fokus perhatian
·
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan
tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa
yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan
informasi.
Contoh :Psikologi kognitif menyatakan bahwa perilaku
manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada dari luar dirinya, melainkan
oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri.
Kandungan
Pengetahuan :
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan
pembelian.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait
dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1. Pengetahuan
Produk
2. Pengetahuan
Pembelian
3. Pengetahuan
Pemakaian
Keterangan:
Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk adalah
kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori
produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan
kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
(1) Pengetahuan
tentang karakteristik atau atribut produk
(2) Pengetahuan
tentang manfaat produk
(3) Pengetahuan
tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
2. Pengetahuan
Pembelian
Pengetahuan pembelian
terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan
penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen cenderung
lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena
telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
1. Store
Contact
Meliputi tindakan mencari
outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2. Product Contact
Konsumen akan mencari lokasi
produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3. Transaction
Konsumen akan membayar
produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran
lainnya.
3. Pengetahuan
Pemakaian
Suatu produk akan memberikan
manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi.
Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang
tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut
dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar
konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu
produk adalah penting bagi konsumen
·
Sumber :
·
http://murtihasanah.wordpress.com/2011/11/08/tugas-softskill-bab-6-sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar